Pengertian dan Cara Mengatasi Malware

Pengertian dan Cara Mengatasi Malware

Internet

Untuk Anda yang berkecimpung di dunia internet dan mengelola domain.id atau lainnya, tentu mengetahui seluk beluk tentang malware adalah hal yang penting. Pasalnya, malware adalah salah satu hal yang perlu diwaspadai terkait penggunaan internet. Hanya saja, masih banyak yang belum mengetahui apa itu malware?

Bisa dikatakan bahwa malware menjadi sebuah ancaman yang nyata untuk Anda yang senantiasa mengolah data di internet. Malware yang menyerang nantinya akan membuat data tersebut rusak atau bahkan hilang.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa hal terkait malware tersebut mulai dari pengertian dan juga cara mengatasinya. Penasaran? Simak ulasannya!

Pengertian Malware

Dalam pengertian yang singkat, malware merupakan sebuah perangkat lunak yang dibuat dengan tujuan untuk masuk dan terkadang merusak sistem jaringan, komputer atau juga server tanpa diketahui pemiliknya.

Tentu, tidak sembarang orang bisa membuat perangkat ini. Biasanya, mereka yang membuat malware adalah orang-orang yang memiliki pemahaman baik tentang cara membuat perangkat lunak dan juga sistem keamanan pada perangkat lunak tersebut. Meskipun, saat ini, ada cukup banyak aplikasi yang bisa digunakan membuat malware.

Nah, malware berbeda dengan virus ataupun Trojan. Tujuan pembuatan malware adalah untuk mencuri, memanipulasi, menghapus dan juga memata-matai sebuah sistem. Selain itu, malware disebarkan dengan beberapa metode yang berbeda, seperti jaringan internet, email, pesan pribadi dan lainnya.

Cara Kerja Malware

Pertanyaan yang cukup menarik tentang malware adalah bagaimana cara perangkat lunak ini bekerja. Nah, sebagaimana disinggung sebelumnya bahwa malware bisa disebarkan dengan menggunakan beberapa metode.

Plugin menjadi salah satu metode penyebaran malware yang sangat sering dugunakan. Secara umum, plugin digunakan untuk memaksimalkan sebuah fungsi dari situs website. Tidak jarang plugin tersebut memiliki fitur menarik dan memudahkan pengelolaan website.

Hanya saja, perlu kewaspadaan ketika hendak menggunakan plugin, terlebih jika menggunakan plugin bajakan. Bisa jadi, plugin tersebut sudah disusupi dengan kode program yang bisa merusak situs web.

Selain plugin, program atau software juga bisa menjadi media penyebaran malware. Dalam hal ini, aplikasi yang diunduh bisa jadi sudah disusupi dengan malware. Nantinya, ketika aplikasi tersebut diinstal, maka malware akan menyebar dan merusak sistem.

Cara Mengatasi Malware

Bisa dikatakan bahwa malware merupakan sebuah ancaman yang nyata pada sistem komputer yang digunakan. Sudah banyak kasus kerusakan sistem komputer yang disebabkan oleh serangan perangkat lunak ini. Hanya saja, malware bukan berarti tidak bisa diatasi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi malware tersebut. Beberapa cara yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menghapus file temporary dan cache
Untuk mengatasi malware, Anda bisa menghapus file temporary dan cache yang tersimpan dalam sistem komputer. Perlu diketahui bahwa temporary files, termasuk cookies dan juga cache sering menjadi sarang malware. Terlebih, jika Anda sering berselancar di internet dan mengunduh banyak file.

Oleh karenanya, berusahalah untuk menghapus file sampah tersebut secara berkala. Jika Anda menggunakan Windows 10, salah satu cara untuk menghapus file sampah tersebut dengan mudah adalah memanfaatkan fitur disk cleanup.

2. Scan perangkat
Cara lain untuk mengatasi malware adalah dengan melakukan scan pada perangkat. Proses ini nantinya akan memberikan informasi jika ada malware berbahaya yang bersarang di perangkat. Tentu, nantinya, Anda bisa menghapusnya.

Selain itu, apabila Anda sudah memiliki software anti-virus atau anti-malware, maka Anda bisa melakukan proses scanning secara menyeluruh. Proses ini bisa saja berlangsung dengan cukup lama. Namun, dengan proses scanning menyeluruh, maka malware yang ada di dalam sistem akan terhapus dengan maksimal.

3. Menghapus program tak dikenal
Apabila proses scanning tidak berhasil menghilangkan malware dari perangkat, maka perhatikan program dan software yang mencurigakan yang terpasang pada perangkat tersebut. Terkadang, file yang diunduh dari internet membawa malware berbahaya dan akan terpasang secara otomatis di perangkat yang digunakan.

Dalam hal ini, Anda bisa membuka daftar program pada perangkat. Jika ditemukan adanya program yang tak dikenal, maka segera hapus program tersebut.

Dengan beberapa cara di atas, Anda bisa mengatasi malware dengan mudah. Sebagai tambahan, Anda juga bisa mengaktifkan safe mode untuk mengamankan perangkat dari malware.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *